Cara Budidaya Apel yang Baik dan Benar

4 min read

cara budidaya apel

Cara Budidaya Buah Apel yang Baik dan Benar- Apel merupakan buah segar nan renyah yang kaya akan kandungan air, vitamin B dan C. Di seluruh dunia, buah apel hampir menjadi buah-buahan yang paling sering dikonsumsi. Negara yang paling banyak memproduksi buah apel adalah China.

Apel merupakan komoditi yang banyak ditumbuhkan secara komersial dan tergolong ke dalam tanaman buah beriklim sedang. Hal tersebut secara global persis seperti pisang, jeruk, dan anggur.

Manfaat apel sangat baik untuk kesehatan, sehingga disarankan jika apel menjadi salah satu komoditi yang dikonsumsi sehari-hari.

Buah apel berasal dari Eropa dan Asia bagian barat dan kemudian menyebar hingga ke seluruh dunia. Dengan varietas yang sangat beragam, hingga saat ini ada 8000 varietas yang telah ditumbuhkan, yang paling umum adalah Golden Delicious, Cortland, Fuji, Empire, Red Delicious, Pink Lady, Gala, McIntosh, Ida Red, Macoun, Winesap, dan Nothern Spy.

Syarat Tumbuh Buah Apel

cara membudidaya apel

Untuk jelasnya bagaimana cara budidaya apel yang baik dan benar dari bibit pohon apel, maka kamu harus mengetahui secara jelas juga beberapa aspek.

Mulai dari iklim, ketersediaan air hingga kondisi tanah menjadi hal penting untuk diperhatikan. Dengan demikian, maka bibit apel dapat tumbuh optimal dan membuahkan buah yang memiliki kualitas baik.

Iklim

cara budidaya apel

Iklim yang baik bagi pertumbuhan pohon apel adalah sedang (tidak terlalu panas maupun dingin) dan mendapat sinar matahari yang cukup.

Namun, biasanya pohon apel juga memerlukan temperatur yang sejuk untuk beberapa saat. Waktu dan temperatur yang direkomendasikan untuk kondisi pertumbuhan yang baik adalah 1000 jam di bawah 7 °C. Temperatur yang terlalu rendah juga tidak terlalu baik karena akan merusak tanaman apel.

Cahaya matahari tidak kalah penting untuk meningkatkan kualitas warna apel. Hujan yang terlalu lebat ketika kondisi buah sudah mendekati matang akan menyebabkan hasil yang kurang maksimal. Maka, hindari area yang sedang mengalami musim hujan atau pun yang berangin kencang.

Karakteristik Tanah

karakteristik tanah

Area yang dapat ditumbuhi tanaman apel adalah 1500 meter hingga 2600 meter di atas permukaan laut. Tanaman apel cukup fleksibel karena dapat tumbuh pada hampir semua jenis tanah.

Namun, yang paling baik untuk pertumbuhan pohon apel adalah tanah liat yang cukup kering dan kaya akan komponen organik dengan pH senilai 5.5 sampai 6.5 dengan aerasi yang baik.

Jika ingin melakukan budidaya dalam skala yang cukup besar, sebaiknya melakukan sampling tanah terlebih dahulu  untuk menentukan apakah tanah tersebut subur dan bagus untuk budidaya.

Tanah yang sekiranya kekurang nutrien makro, maka diperlukan perlakuan khusus terlebih dahulu terhadap tanah tersebut sebagai bagian dari persiapan budidaya apel.

Waktu Ideal Budidaya Apel

Waktu ideal untuk membudidayakan apel adalah pada bulan Januari dan Februari. Kamu bisa melakukan penanaman apel dengan sistem model square atau hexagonal.

Penanaman dilakukan dengan cara menggali tanah membentuk lubang sebesar 1 meter x 1 meter x 1 meter terlebih dahulu. Setiap lubang disarankan mengandung pupuk kandang sebanyak 35 kilogram, 500 gram fosfat, dan 50 gram malathion. Ketiganya sudah dalam keadaan tercampur.

Jarak antar tumbuhan bermacam-macam. Luas tanah sebesar 1 hektar dapat ditumbuhi sekitar 250 hingga 1200 pohon apel, tergantung dari masa jenisnya.

Terdapat 4 tipe, yaitu UHD (Ultra High Density). Metode ini dapat mengaplikasikan 1200 tanaman dalam 1 hektar tanah. Sedangkan, HD atau High Density dapat mengaplikasikan 500 hinga 1200 tanaman per hektare.

Semakin menurun massa jenisnya, maka akan berkisar 250 hingga 500 tanaman dalam 1 hektar. Bahkan, untuk tanaman bermassa jenis rendah, dalam 1 hektare akan terakomodasikan kurang dari 250 tanaman.

Jika kamu tertarik untuk membeli tanaman hias bisa klik disini (Khusus Medan)

Cara Budidaya Apel yang Baik dan Benar

cara budidaya apel

Terdapat dua cara budidayakan apel yang baik dan benar, yaitu dengan cara stek atau menanamnya secara langsung dari bijinya

Nah, kali ini saya akan memberikan ulasan cara menanam apel yang baik dan benar dengan menanam langsung dari bijinya. Berikut ini adalah cara budidaya apel yang baik dan benar dengan menggunakan benih biji:

1. Menanam Benih Biji Apel yang Berkualitas

benih biji apel

 

  • Pilih benih biji unggul atau dengan kualitas paling bagus, agar dapat menghasilkan pohon apel yang prima.
  • Kemudian, letakkan biji-biji tersebut hingga kering pada kertas atau kain supaya kulit bagian luar biji jadi tidak lembap.
  • Selanjutnya, bungkus biji tadi menggunakan tisu basah dan masukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Bisa di bungkus dengan kantong pelastik, di masukkan pada toples yang memiliki penutup, atau pada wadah tupperware.
  • Kemudian letakkan benih ke dalam lemari es atau kulkas dengan suhu 4,4 – 10 derajat C. Letakkan biji tersebut di lemari es selama 8 minggu. Pada proses ini, biji akan mengeluarkan tunasnya.
  • Setelah 8 minggu, seharusnya benih biji sudah mengeluarkan kecambah. Jika sudah keluarkan dari kulkas dan biji ini siap untuk dipindahkan pada media tanah.

2. Proses Pemindahan Benih yang Berkecambah ke Dalam Pot

apel dalam pot

  • Setelah tumbuh tunas dan mengeluarkan akar, proses selanjutnya dalam adalah memindahkan bibit tersebut kedalam media pot atau polybag. Isilah pot atau polybag dengan tanah gambu yang memiliki pH netral, kemudian tambahkan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1.
  • Kemudian buatlah lubang untuk meletakan bibit yang telah memiliki tunas dan tumbuh akar tersebut. Pindahkan biji apel dengan hati-hati, supaya tidak mengganggu atau merusak akar yang tumbuh pada biji apel. Lalu tutup kembali dengan tanah, kemudian siram dengan air secukupnya supaya area disekitar biji tetap dalam kondisi lembab.
  • Tempatkan pot tersebut dalam area suhu kamar, namun tetap mendapatkan pasokan sinar matahari pagi. kamu bisa menyimpannya di dekat jendela rumah yang menghadap ke timur agar matahari pagi dapat langsung tertuju pada pot berisi biji apel tersebut.
  • Lakukan penyiraman secara rutin sampai benih yang ditanam dalam pot tumbuh daun, umumnya tahap ini membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 minggu.

3. Memindahkan Pohon Apel Kecil Pada Lahan Tanah

pohon apel

 

Kamu harus memperhatikan benih yang telah kamu tanam pada pot kecil sudah tumbuh, jangan langsung memindahkannya pada lahan tanah karena pada dasarnya, batang, akar, juga daun-daunnya masih rentan mati. Jadi Anda harus menunggu hingga tanaman tersebut sudah setinggi 25cm. Setelah itu, Anda bisa mengikuti hal-hal berikut:

  • Tanamlah benih apel pada lahan tanah yang lembap dengan pH yang netral dan terkena sinar matahari langsung. Kalau bisa, tanam menghadap ke arah timur.
  • Selanjutnya, pastikan lahan yang kamu pakai bisa memberikan ruang yang luas untuk tumbuh akarnya nanti dengan cara memberi jarak antara pohon muda yang satu dengan yang lainnya sekitar 4,5 atau 5 meter.
  • Lakukan penyiraman pada tanaman apel secara rutin, terutama saat memasuki musim kemarau. Tanaman apel sangat suka dengan kondisi lingkungan yang lembab, namun tidak telalu basah. Namun ketika sudah tumbuh besar, bisa kurangi penyiramannya. Intinya pohon apel tidak bisa tumbuh pada tanah yang kering dan tanah yang telalu basah. Sirami suapaya kelembaban tanahnya bisa terjaga.
  • Cara menanam apel dari biji juga memerlukan pemupukan tambahan seperti budidaya apel lainnya. Kamu bisa melakukan pemupukan susulan dengan pupuk NPK 10-10-10 dengan takaran sekitar 1/4 kg per tanaman apel, lakukan pemupukan secara sutin setiap 4 bulan sekali.
  • Pantau terus pertumbuhannya, dan jangan lupa melindunginya dari gangguan penyakit juga hama yang suka memakan dedaunan.

Tingkat keberhasilan penanaman apel dengan menggunakan biji memang tidak semulus penanaman secara stek. Tapi jika kelebihan dari cara menanam apel dari biji kamu akan mendapatkan pohon apel yang utuh, tumbuh besar dari akar hingga pucuk daunnya.

Mungkin hanya sekian yang bisa saya sampaikan mengenai cara budidaya apel yang baik dan benar, semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin membudidayakan buah apel 🙂

Jenis Jenis Puisi

haidar
7 min read

Contoh Teks Pidato Singkat

haidar
11 min read

Contoh Syair

haidar
12 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.