Contoh Laporan Keuangan

3 min read

haidarmusyaffa.com

Contoh Laporan Keuangan- Jika kita berbicara mengenai laporan keuangan, pasti sebagian besar dari kita akan langsung berpikir tentang keuntungan.

Memang tidak salah karena tujuan dalam berbisnis adalah untuk mencari keuntungan atau laba. Lalu kapan laporan keuangan tersebut di buat? Laporan keuangan akan di buat setiap akhir periode dari bisnis.

Sementara, waktu atau kapan periode itu tergantung dari keinginan pemilik perusahaan tersebut. Ada yang melakukannya sebulan sekali, bahkan ada juga yang melakukannya satu minggu sekali menyusun laporan keuangan.

Seluruh industri bisnis pasti membutuhkan yang namanya laporan keuangan, karena memiliki tujuan yang beragam dan laporan keuangan sangat penting bagi suatu perusahaan.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan contoh laporan keuangan, maka dari itu agar kita bisa lebih memahami konsepnya mari kita ulas satu persatu.

Pengertian Laporan Keuangan

haidarmusyaffa.com

Laporan keuangan adalah data yang menunjukkan posisi serta aktivitas keuangan sebuah instansi dan bisnis pada periode tertentu.

Laporan anggaran ini di gunakan sebagai acuan perusahaan untuk melihat kemajuan bisnis serta menentukan langkah kedepannya.

Untuk perusahaan-perusahaan besar, laporan keuangan sudah tertata dengan rapi karena dibuat oleh akuntan berpengalaman.

Tujuan Laporan Keuangan

haidarmusyaffa.com

Salah satu tujuan di buatnya laporan keuangan adalah supaya bisa mengetahui perkembangan dari bisnis atau usaha setiap periodenya.

Bisa dibilang, pemilik usaha ingin mencari tahu bagaimana kondisi bisnis yang sedang dijalankannya menguntungkan atau justru merugi.

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

haidarmusyaffa.com

Kebanyakan perusahaan terkadang mengabaikan pengeluaran dan pemasukan yang sedikit, tidak peduli seberapa sukses bisnis yang mereka jalankan. Padahal membuat laporan keuangan dalam  skala kecil juga penting.

Walapun dalam jumlah yang kecil jika terus menerus dikeluarkan dapat membuat suatu perusahaan itu menjadi bangkut.

Berikut ini kami akan memberitahu kamu bagaimana cara membuat laporan keuangan sederhana, simak baik-baik ya guys.

1. Menyiapakan Buku Catatan Pengeluaran

Buku catatan pengeluaran harus disiapakan sebelum perusahaan itu berdiri. Fungsinya adalah untuk mecatat semua pengeluaran perusahaan tanpa celah.

Catat semua biaya yang di keluarkan, baik itu dari hal kecil seperti membeli pensil atau peralatan kantor lainnya. dengan memiliki  catatan pengeluaran, kamu akan lebih menyeimbangkan buku kas di akhir tahun.

2. Menyiapakan Buku Catatan Pemasukan

Selain menyiapkan buku catatan pengeluaran, kamu juga akan membutuhkan buku catatan pemasukan. Buku catatan permasukan berfungsi untuk memantau keseimbangan bisnis.

Buku ini mencatat semua uang yang masuk ke dalam perusahaan, termasuk juga utang yang sudah lunas di bayar.

Biasakan untuk mencatat setiap pemasukan setiap hari. Buku kas ini akan sangat di butuhkan di akhir, kuartal dan tahun.

3. Membuat Buku Stok Barang

Tidak hanya menyiapkan buku kas pengeluaran dan pemasukan saja, sebuah perusahaan juga perlu untuk mengurusi barang-barang yang masuk dan keluar.

barang-barang yang dimaksud adalah produk yang dijual atau berhasil dibeli. semakin tinggi barang yang keluar dan masuk, penjualan perusahaan otomatis akan semakin tinggi.

buku stok barang adalah contoh laporan keuangan yang sangat sederhana, karena tidak mencantumkan uang.

4. Membuat Buku Inventaris

Buku catatan inventaris berguna untuk memeriksa semua barang yang dimiliki perusahaan, berisi tentang semua barang yang di urus dan di beli perusahaan

Selain itu buku Inventaris berfungsi sebagai acuan stabilitas sebuah perusahaan. Buku ini penting karena akan berurusan langsung dengan laporan keuangan di akhir periode nanti.

5. Merangkum Buku Catatan Kas Utama

Cara membuat laporan keuangan sederhana yang terakihr adalah dengan merangkum buku catatan kas utama. Membuat laporan keuangan akan sulit tanpa kehadiran buku kas utama.

Buku ini merangkum semua pengeluaran dan pemasukan perusahaan, baik itu dalam bentuk uang ataupun barang.  Dari buku ini kamu bisa melihat seberapa banyak keuntungan dan kerugian yang dialami perusahaan.

Selain bisa di gunakan sebagai informasi keuangan, buku catatan kas utama juga merupakan dasar laporan keuangan.

Contoh Laporan Keuangan

haidarmusyaffa.com

Setelah catatan-catatan di atas lengkap, kamu akan baru bisa membuat penyusunan laporan keuangan. Jenis laporan keuangan pun memiliki berbagai macam ragam, tergantung dengan tujuan dan fungsi catatan masing-masing.

Berikut ini adalah contoh laporan keuangan yang penting untuk dimiliki sebuah perusahaan.

1. Laporan Neraca Keuangan

Laporan Neraca adalah data yang memperlihatkan suatu kondisi,posisi dan informasi keuangan suatu perusahaan pada tanggal dan waktu yang sudah di tentukan.

Neraca keuang memiliki 3 unsur penting yaitu: aset, ekuitas dan liabilita. Apabila dilihat dengan persamaan akuntansi, hubungan antara ketiganya bisa dituliskan sebagai berikut ini:

Aset= Liabilitas + ekuitas 

Liabilitas memiliki nama umum yaitu utang, sedangkan ekuitas adalah modal. Unsur liabilitas dibagi menjadi dua bagian, yaitu utang lancar jangka pendek dan jangka panjang.

Sedangkan unsur ekuitas terdiri dari saham dan laba yang di tahan. Unsur aset sendiri di bagi menjadi tiga bagian, yaitu aktiva lancar, tetap, dan yang lainnya.

contoh laporan keuangan

Laporan Laba Rugi Keuangan

Jenis laporan keuangan selanjutnya yaitu, catatan laba rugi. Laporan laba rugi bisa di gunakan untuk mengetahui kinerja operasional perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Laporan keuangan ini berfubgsi untuk menginformasikan total pajak yang harus di bayar serta rincian pendapatan maupun beban perusahaan sehingga bisa di gunakan untuk menentukan langkah efisiensi dan pemaksimalan pendapatan perusahaan.

PT. Milik Bersama

Laporan Laba Rugi

Periode Agustus 2020

 

Pendapatan Harga Harga
Penjualan Bersih Rp.800.000.000
    Pendapatan Sewa Rp.20.000.000
    Total Pendapatan Rp.780.000.000
Beban
Harga Pokok Penjualan Rp.300.000.000
   Beban Penjualan Rp.15.000.000
   Beban Administrasi Rp.10.000.000
   Beban Bunga Rp.5.000.000
   Beban Lain-lain Bersih Rp.5.000.000
   Total Beban Rp.335.000.000
Laba Sebelum Pajak  Rp.445.000.000
    Pajak  Rp.111.150.000
Laba Bersih  Rp.333.750.000

3. Laporan Perubahan Modal (Ekuitas)

Masih berbicara tentang jenis laporan keuangan, kini kita akan membahas data dan catatan perubahan modal. Dalam istilah akuntansi, laporan perubahan modal dikenal sebagai statement of changes in equity.

Laporan perubahan modal dipakai untuk melihat kondisi modal perusahaan dan data baru ketika terjadi perubahan modal.

Di sini kamu akan menemukan jumlah modal awal dan saldo terkini dari sebuah perusahaan. Selain itu, kamu juga dapat menganalisa perubahan saldo modal di awal dan akhir periode di ujung laporan.

Agar laporan lengkap, ada beberapa data khusus yang kamu perlukan. Data-data tersebut termasuk modal awal periode, jumlah laba dan rugi, serta pengambilan dana pribadi oleh pemilik bisnis.

Maka dari itu, laporan perubahan modal tidak bisa dibuat sebelum laporan laba rugi selesai dihitung. Berikut ini adalah contoh laporan keuangan perubahan modal.

haidarmusyaffa.com

4. Laporan Keuangan Arus Kas (Cash Flow Statement)

Untuk contoh laporan keuangan selanjutnya adalah laporan arus kas atau cash flow statement. Di mana laporan ini berguna memberikan data mengenai aliran kas masuk dan keluar.

Selain itu laporan ini juga berguna sebagai prediksi arus kas dimasa yang akan datang, dan juga sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban. Berikut tiga aktivitas laporan arus kas yaitu:

  • Operating Activities (Arus Kas Kegiatan Operasi)
  • Investing Activities (Arus Kas Kegiatan Investasi)
  • Financing Activities (Arus Kas Kegiatan Pendanaan)

haidarmusyaffa.com

Demikian beberapa penjelasan mengenai contoh laporan keuangan. Jangan lupa untuk ikuti terus informasi terupdate di website haidarmusyaffa.com.

Semoga contoh laporan keuangan di atas bisa menjadi informasi tambahan untuk kamu, supaya lebih mengerti seperti bagaimana bentuk laporan keuanganitu. Sayonara Onee-san 🙂

Contoh Teks Diskusi

haidar
5 min read

Contoh Teks Laporan Percobaan

haidar
5 min read

Contoh Laporan Laba Rugi

haidar
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.