Contoh Pidato Singkat

8 min read

contoh pidato singkat

Contoh Pidato- Pidato merupakan Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada banyak orang untuk meyambut kedatangan tamu, memperingati hari besar, dan berbagai bentuk kegiatan lain.

Pada hakikatnya pidato termasuk seni monolog dalam keterampilan berbicara. Pidato bersifat dua arah, yaitu pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya walapun pembicara lebih banyak mendominasi pembeicaraan.

Itulah mengapa memilih pidato yang singkat namun makna untuk para pendengarnya banyak dipilih oleh mereka yang akan menyampaikan sebuah pidato.

Berikut ini beberapa contoh pidato singkat terbaik yang bisa kalian gunakan untuk menyampaikan sebuah pidato di beberapa acara. Langsung aja cek di bawah ini guys!

Contoh Pidato Singkat

contoh pidato singkat

1. Contoh Pidato Singkat Perpisahan SD

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada Bpk/Ibu kepala sekolah yang terhormat

Kepada Guru serta staff yang tidak bisa disebutkan satu persatu

Dan Kepada teman-teman yang saya banggakan

Puji syukur kita panjatkan kehadiran Allah SWT untuk semua berkat-Nya serta rahmat Nya, sehingga kita dapat berkumpul hari ini untuk melaksanakan acara perpisahan.

Sebenarnya , saya dan seluruh teman-teman kelas 6 berat untuk menyampaikan pidato ini, kami sedih karena harus berpisah dengan bapak ibu guru, teman, dan adik-adik sekalian. Namun, waktu jugalah yang membatasi kebersamaan kita selama ini.

Khususnya untuk para hadirin sekalian dan para guru, kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya sejauh ini karena telah tulus dan iklas dalam mendidik diri kami sendiri dan mengajari kami berbagai ilmu pengetahuan untuk menjadi bekal pengetahuan untuk kami.

Atas semua jasa-jasa bapak dan ibu guru lah kami dapat melaksanakan semua pelajaran dan akan kami ingat sepanjang hayat kami.

Kami dengan tulus meminta maaf kepada guru kami yang telah dengan sabar membimbing kami selama ini menuntut ilmu di sekolah ini, mungkin tanpa bimbingan dari guru kami, kami akan menjadi anak-anak bodoh. Untuk itu Kami ucapkan sekali lagi terima kasih.

Kepada semua adik kelas sekalian, kalian terus belajar dengan antusias dan terus bersemangat dengan baik di sekolah dan jangan lupa hormati guru dan orangtu kita semya. Amin

Demikianlah akhiri dari pidato ini

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

2. Contoh Pidato Singkat Tentang Cinta Tanah Air

Assalamualaikum W.W.

Pertama-tama mari kita mengucapkan puji syukur atas ke hadirat Allah SWT. Berkat rahmat-Nya kita dapat berkumpul di sini dengan sehat wal’afiat karena-Nya.

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman sekalian. Kedua saya berdiri di sini akan menyampaikan pidato. Pidato saya kali ini bertema cinta tanah air.

Apakah kalian tahu kenapa kita harus cinta pada tanah air kita sendiri? Iya itu sebenarnya memang betul,kita harus cinta pada tanah air kita.

Karena kita bangsa Indonesia kaya akan budaya dan suku yang bermacam-macam. kita harus bersyukur dengan kekayaan Allah SWT yang telah diberikan kepada kita semua.

Kita dapat mengenal suku bangsa yang berbeda dengan kita. Atas limpahan dari Allah kita dapat mengenal orang satu sama lain.

Contoh cinta pada tanah air adalah dengan mencintai produk dalam negeri. Disitulah kita membeli barang-barang kebutuhan kita. Walau kita membeli di luar negeri, barang luar negeri dari Indonesia.

Jadi, jika kita ingin membeli barang kebutuhan, kita membeli saja di Negara kita sendiri. Negara kita memiliki hasil yang sangat memuaskan dan berkualitas terbaik.

Indonesia memiliki budaya yang melimpah. Di Indonesia ada berbagai macam budaya. Budaya di dalam negeri kita turun-menurun karena budaya itu dipakai oleh anak cucunya.

Contoh budaya itu adalah tari adat pernikahan, music, dan masih banyak lagi budaya yang terdapat di Indonesia. Suatu saat juga budaya itu akan dipakai oleh anak kita sendiri.

Sebelum saya menutup pidato saya,saya ingin bertanya. Apakah kalian tahu apa kesimpulan dari pidato ini? Jika tidak ada yang mengetahuinya, akan saya beri tahu.

Kesimpulannya adalah kita harus saling mengenal satu sama lain, mencintai produk budaya kita sendiri, dan yang terakhir kita harus mencintai budaya dan Negara kita sendiri.

Itulah kesimpulan dari pidato saya,sebelum saya menutup pidato ini apakah ada yang ingin bertanya? Jika tidak saya akan mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

3. Contoh Pidato Singkat Bahasa Jawa

Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak Kepala Sekolah ingkang dahat kinurmatan, Bapak-Ibu dwija saha karyawan SMA Negeri 1 Kota baru ingkang sinudarsana, sarta kanca-kanca ingkang kula tresnani.

Mangga kula panjenengan sedaya sareng-sareng ngaturaken puja saha puji syukur dhumateng ngarsanipun Gusti Allah ingkang maha mirah, inggih awit saking kamirahanipun kula panjengan sedaya saged kempal wonten ing adicara pahargyan pengetan dinten kartini ing wekdal menika.

Bapak Kepala Sekolah, Bapak-Ibu dwija saha karyawan SMA Negeri 1 Kota baru saha kanca-kanca ingkang kula tresnani.

Pengetan dinten Kartini wigatos sanget tumrap kula saha panjenengan sedaya. R.A Kartini ibaratipun kados dene sekar ingkang tansah ambabar ganda arum ing bangsa Indonesia. Labuh labetipun R.A Kartini saestu luhur sanget tumrap kaum wanita.

Langkung-langkung ing wekdal menika upaya ingkang dipun tindakaken R. A. Kartini saged ndadosaken kangge majengipun bangsa Indonesia ingkang kita tresnani menika.

Bapak Kepala Sekolah, Bapak-Ibu dwija saha karyawan SMA Negeri 1 Kotabaru sahakanca-kanca ingkang suka ing basuki.

Pancen sampun dados kodratipun wanita limrah nggadahi raos ingkang kalangkung alus. Sanadyan mekaten, greget ing manah tansah makantar pindha waja ngudi kautaman.

Sadaya punika inggih awit saking pangaribawa lelabetanipun Ibu Kartini ingkang sampun tumancep saha ngrembaka ing manahipun wanita Indonesia.

Kanthi mekaten menika, sumangga para kadang putri sami saged nglajengaken gegayuhan tuwin lelabetanipun Ibu Kartini ingkang luhur punika.

Ingkang boten kenging dipunlirwakaken inggih punika ingkang tansah ngudi jati dhirinipun putri Indonesia. Putri Indonesia ingkang prasaja, mrantasi sadhengah karya.

Mugi-mugi wanita Indonesia saged gesang rukun, mat-sinamat, sih sinisihan, lan sami asah, asih, saha asuh. Cekap semanten atur kula, bilih kathah lepatipun kula nyuwun agunging pangapunten.

Wassalammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4. Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Kemerdekaan 17 Agustus

Pidato Singkat Hari Kemerdekaan Indonesia

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah

Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan Staff karyawan sekolah

Serta teman-teman yang saya banggakan

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena atas rahmatnya kita semua dapat berkumpul ditempat ini tanpa ada halangan suatu apapun untuk mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Hari ini pada tanggal 17 Agustus 2021, kita merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-76.

Dengan mengikuti upacara bendera ini untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia, saya berharap semoga kita bisa lebih lagi meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada tanah air.

Generasi muda saat ini memiliki peranan penting demi kemajuan negara kita di masa yang akan datang.

Kita harus bisa saling memberi motivasi dan membangkitkan semangat para generasi muda untuk melakukan perubahan bangsa agar rakyatnya semakin sejahtera.

Generasi muda Indonesia saat ini memiliki tugas yang penting untuk memajukan bangsa Indonesia dalam segala bidang.

Terutama pada saat pandemi seperti ini, sebagai generasi muda, kita harus senantiasa menerapkan prinsip gotong royong lewat saling menjaga kesehatan dan saling membantu.

Marilah kita menjadi pemuda Indonesia yang memiliki semangat juang yang tinggi dan selalu bersikap optimis untuk memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

Hal tersebut dapat diwujudkan dengan belajar yang rajin, mengikuti olimpiade-olimpiade untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Percayalah bahwa kita sebagai generasi muda dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk negara Indonesia tercinta. Semangat berjuang, semangat belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Merdeka! Merdeka!

Wasalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

5. Contoh Pidato Singkat Tentang Ikhlas

Pidato Singkat Tentang Ikhlas

Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillahirabbil alamin puji syukur mari senantiasa kita panjatkan, untuk seluruh nikmat dan barokah dari Allah SWT yang selalu terlimpah kepada kita setiap harinya.

Bapak dan Ibu yang saya hormati, pidato singkat kali akan sedikit mengulas materi tentang ikhlas.

Kasarnya, ikhlas itu adalah saudara dari sikap sabar dalam cabang keimanan manusia, dan berbeda tipis dengan sikap riya’.

Ikhlas berarti melakukan segala sesuatu semata hanya karena Allah, walaupun sebenarnya yang dilakukannya bab duniawi.

Namun, ikhlas ini sangat riskan menjadi riya’ dalam berbagai keadaan.

Misalkan seseorang sedang melakukan sholat, awalnya dia telah ikhlas hanya beribadah kepada Allah SWT., namun ketika tidak sengaja mendapat pujian dari orang lain seseorang tersebut menjadi membanggakan apa yang sudah dilakukannya, maka nilainya ikhlasnya telah rusak berubah riya’.

Naudzubillah jangan sampai hal tersebut terjadi, ya, Bapak Ibu.

Oleh karena itu belajar ikhlas itu tidak hanya cukup tiga tahun atau enam tahun seperti belajar di pendidikan formal, tetapi proses pembelajarannya terjadi sepanjang hayat dan pengujinya langsung di-handle oleh Allah SWT.

Semoga setelah pidato singkat ini saya akhiri ada hikmah dan manfaat yang bisa kita pelajari bersama-sama.

Saya cukupkan pidato singkat tengtang ikhlas ini, terima kasih atas perhatian yang Bapak dan Ibu berikan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

6. Contoh Pidato Singkat Tentang Zakat

Assalamualaikum Wr. Wb.
Bapak dan Ibu yang dirahmati Allah, saya berdiri disini untuk menyampaikan pidato, singkat saja, mengenai zakat mal.

Saya mengambil bab ini karena secara umum, zakat ini seringkali ‘terlupa’ untuk di keluarkan.

Kita beranggapan sudah berzakat, hanya ketika zakat fitrah sebelum hari raya Idul Fitri tiba, padahal seluruh harta yang Allah titipkan pada kita ada zakatnya, dan itulah yang disebut zakat mal.

Macamnya ada banyak, mulai dari zakat penghasilan, simpanan emas, hasil dagang, hewan ternak, jasa, pertanian, pertambangan, bahkan sampai pada obligasi dan saham.

Harta dalam bentuk yang saya sebutkan tadi, ketika telah mencapai haul harus ditunaikan hak zakat mal-nya.

Nisabnya meski ada yang berbeda, namun secara garis besar rata-rata nilai zakatnya adalah 2,5% dari harta tersebut.

Nah, Bapak dan Ibu yang mungkin masih suka enggan untuk mengeluarkan zakat mal, mari mulai sekarang di ubah kebiasaannya.

Sejatinya, mengeluarkan zakat berarti sedang membersihkan harta kita dari segala keburukan, dosa dan hak-hak yang bukan untuk kita.

Semoga Allah melapangkan rezeki kita semua dan menjauhkan dari kebatilan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

7. Contoh Pidato Tentang Cinta

Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah, saya saat ini diberikan amanat untuk menyampaikan pidato tentang cinta, tetapi dalam pandangan islam.

Seperti apa?

Cinta itu sebenarnya tidak melulu tentang pasangan, teman-teman. Justru yang lebih berderajat tinggi, cinta yang ditujukan kepada Allah dan Rosulnya.

Jika dengan pasangan, bentuk cinta bisa disampaikan melalui berbagai pemberian benda, lalu bagaimana dengan Allah?

Cinta kepada Allah bisa kita tunjukkan dengan melaksanakan perintah dan pastinya menjahui larangan-Nya.

Jadi hal-hal seperti sholat di awal waktu, istiqomah mengaji, dan berbuat kebaikan itu merupakan bentuk cinta kita kepada Allah.

Mudah, kan?

Nah mari kita bersama-sama meningkatkan cinta kepada Allah untuk mencapai kehidupan yang lebih bermakna.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

8. Contoh Pidato Singkat Shalat

Pidato Singkat Shalat

Assalamualaikum Wr. Wb.
Hadirin yang saya hormati, dalam rangka mengawali pengajian akbar kali ini saya akan menyampaikan pidato tentang shalat, sesuai dengan tema besar kita kali ini.

Seperti yang kita tau, shalat adalah tiang bagi agama islam.

Artinya, ketika umat muslim mendirikan shalat di saat itulah kaum tersebut sedang menegakkan agamanya.

Shalat juga merupakan salah satu terapi dzikir yang paling ampuh, obat dari segala rupa penyakit, baik fisik maupun hati.

Saat shalat adalah waktu terdekat seorang hamba dengan Tuhannya, oleh karena itu berdoalah.

Transfer segala keresahanmu tentang perkara dunia, niscaya Allah bantu karena Allah Maha Tau atas segala sesuatu.

Demikian pidato dari saya, semoga kita digolongkan dalam golongan orang-orang yang senantiasa istiqomah menegakkan agama islam melalui shalat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

9. Contoh Pidato Singkat Tentang Disiplin

Assalamu’alaikum Warrohmatullah Wabarokatuh,

Yang saya hormati kepala sekolah SMA/SMP IT Nurul Azmi, serta dewan asatidz, dan teman-temanku seperjuangan yang saya banggakan.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang atas berkat kuasanya kita dapat hadir dihari yang cerah dan indah ini dalam keadaan yang sempurna tanpa kurang suatu apapun jua, Sholawat serta Salam tak henti-hentinya untuk nabi kita, nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang berbahagia,

waktu adalah uang, maka pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato dengan tema, “Disiplin Waktu”.

Teman-temanku seperjuangan yang saya banggakan,

Disiplin merupakan sikap penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Karena, sikap kedisiplinan membuat aktivitas yang di kerjakan terorganisir dengan baik dan kita dapat mengatur setiap kegiatan yang akan kita lakukan.

Teman-temanku sekalian, Disiplin memiliki banyak sekali macamnya, seperti aktif sekolah, mentaati peraturan sekolah, mengatur keuangan, disiplin dalam membuat target harian atau bulanan, disiplin dalam berpakaian, dan masih ada banyak lagi .

Tapi pada intinya disiplin harus selalu kita gunakan dalam semua hal terutama dalam mengerjakan sesuatu, agar apa yang kita lakukan mendapat hasil yang maksimal dan tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Ada pepatah yang mengatakan “waktu adalah uang” pepatah itu bisa kita artikan bahwa waktu sangatlah berharga, sehingga kita harus memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik mungkin.

Hadirin yang saya hormati,

kedisiplinan adalah kunci utama kesuksesan dalam hidup ini, jika kita ingin sukses, sikap kedisiplinan harus di mulai dari diri kita sendiri.

Sebagai contoh, kita tidak boleh datang terlambat ke sekolah, mengerjakan PR, mulai belajar menyisihkan waktu bermain dan belajar.

Kita sebagai seorang pelajar mengikuti hal-hal diatas maka keberhasilan akan mengikuti kita.

Hadirin dan teman-teman yang saya hormati,

Marilah kita mulai kebiasaan hidup disiplin sejak dini supaya kelak kehidupan yang kita jalani terasa lebih mudah dan indah.

Sekian pidato yang bisa saya sampaikan, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamu’alaikum Warrohmatullah Wabarokatuh.

10. Contoh Pidato Singkat Bahasa Sunda

Pidato Singkat Bahasa Sunda

Assalamualaikum Wr. Wb

Puji sareng sykur urang sanggakeun ka Allah anu maha agung dina dinten ieu urang tiasa ngariung patepung lawung, patepang wajah.

Salawat sareng salam mugi tetep ngocor ka kanjeung Nabi Muhammad SAW sareng ka kaluwargina katut kopara sohabatna anu gaduh kamuliyaan, teu hilap ka sadaya umatna…Amin.

Hadirin anu dipikahormat,

Beriman kana qodo sareng qodar jeung seueur ngandung manfaat diantarana nyaeta bisa nguangatkeun kaimanan jeung katakwaan. Bisa nyadarkeun yen saenyana sagala perkara anu kajadian eta tos diatur ku Alloh swt.

Ayana qodo jeung qodar bisa numbuhkeun kateguhan hate jeung kasabaran. Sabab musibah atawa rintangan nu dihareupan eta ngarupakeun katetepan Allah swt.

Jadi heunteu aya hiji mahluk anu mampu ngarubahna salain izin ti Allah swt. Hiji jalmi moal bisa ngahindar atawa ngelak ti katetepan Allah sanajan manehna nyamuni.

Iman kana qoda sareng qodar bisa numbuhkeun nikmat ti Allah, sareng bisa ngadorong pikeun terus ngucapkeun syukur ka Allah swt.

Upami usahana tiasa untung sabab sadar yen kauntunganana ngarapkeun karunia ti Allaoh swt.

Kaimanan kana qoda sareng qodar bisa ngadorong kanggo tegar, sabar, sareng henteu putus asa, dina mayunan musibah.

Sareng upami urang meunang musibah jadi bacaan anu sae anu kudu urang ucapkeun nyaeta bacaan istirja

Anu hartosna :

“saenyana sagala sesuatu anu gaduh Allah swt sareng saenyana nyan Allah urang sadaya mulih.”

Sakieu heula ti abdi, upami aya cariosan anu marenah di hate, abdi nuhun di hapeunten.

Wassalamu ‘alaikum wr.wb

Nah, itulah contoh pidato singkat yang bisa kamu jadikan referensi ketika ingin membuat naskah atau teks pidato.

Jangan lupa untuk kunjungi terus website haidarmusyaffa.com karena disana kami akan memberikan informasi yang berkaitan dengan pelajaran Bahasa Indonesia

Contoh Pidato Bahasa Madura

haidar
5 min read

Contoh Pidato Bahasa Jawa

haidar
8 min read

Contoh Pidato Bahasa Sunda

haidar
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.