Contoh Surat Pernyataan

5 min read

haidarmusyaffa.com

Contoh surat pernyataan yang baik sering sekali di gunakan sebagai acuan atau pedoman dalam melakukan pembuatan surat.

Surat pernyataan merupakan bagian dari proses surat menyurat dari perusahaan atau perseorangan. Pembuatan surat ini harus mengikuti aturan yang telah di sepakati serta ada sebelumnya.

Pembuatan surat ini lebih sering di lakukan secara resmi, karena merupakan bentuk dari kesanggupan atas sesuatu hal. Oleh sebab itu dalam urusan pembuatan surat pernyataan ini harus dilakukan secara benar serta sesuai.

Pernyataan dapat di lakukan dengan dua cara yaitu secara lisan maupun tulisan, dalam hal ini menggunakan tulisan sebagai bentuk pernyataan.

Pengertian Surat Pernyataan

haidarmusyaffa.;com

Surat pernyataan adalah sebuah surat yang di buat oleh seseorang berisikan pernyataan. Nah, pernyataan tersebut dapat terkait dengan dirinya maupun orang lain bahwa orang tersebut pernah ataupun tidak pernah melakukan sesuatu, atau kesediaan serta kesanggupan dari orang tersebut.

Hal-hal tersebut berlaku untuk keadaan resmi dan tidak resmi, serta menyangkut aspek legal hukum yang harus di tulis pada kertas segel.

Tujuan Surat Pernyataan

contoh surat pernyataan

Pembuatan surat pernyataan memiliki beberapa tujuan yaitu sebagai berikut ini:

1.Tujuan Sehari-hari

Kamu bisa menggunakan surat pernyataan di kehidupan kamu sehari-hari contohnya pada urusan lamaran pekerjaan yang mewajibkan melampirkan surat pernyataan ke dalam lamaran pekerjaan.

2. Untuk Keperluan Dinas atau Pekerjaan

Surat pernyataan bisa digunakan untuk memperlancar urusan pekerjaan, karena adanya surat pernyataan akan menjadikan pekerjaan lebih mudah dan cepat di lakukan.

3. Keperluan Lembaga

Keperluan untuk lembaga menunjukan bahwa surat tersebut di buat untuk sebuah lembaga yang berguna untuk memberikan pernyataan mengenai sebuah pekerjaan, sehingga pekerjaan tersebut dapat di lakukan secara optimal.

Cara Membuat Surat Pernyataan yang Baik dan Benar

contoh surat pernyataan

Surat pernyataan harus luga dan sederhana. Beberapa poin yang harus kalian perhatikan dalam membuat surat pernyataan adalah sebagai berikut ini:

  1. Tentukan terlebih dahulu jenis apa yang ingin dibuat, termasuk dengan judul dan isinya
  2. Perhatikan penulisannya mulai dari tata bahasa, tanda baca sampai salah ketik, karena surat ini mempunyai kekuatan hukum.
  3. Buatlah secara langsung dan lugas, jangan bertele-tele

Susunan atau bagian dari surat pernyataan dapat di lihat dari beberapa poin berikut ini:

  1. Pada bagian judul atau nama dari surat pernyataan pada umumnya di tuliskan dalam bentuk huruf kapital bercetak tebal dan terletak di tengah-tengah. Usahakan judul di buat dengan sesederhana mungkin.
  2. Untuk bagian isi surat berisikan tentang identitas dari penulis surat pernyataan tersebut. isi dari surat pernyataan tersebut tidak lain berupa kesanggupan atau pengakuan, sesuai dengan kenyataan dan fakta serta identitas dari pihak yang dinyatakan tersebut.
  3. Penutup surat pernyataan terdiri dari identitas pembuat surat, nama jelas, tanda tangan, tempat dan tanggal pembuatan surat, serta keterangan tambahan lainnya seperti (NIP, NIM atau nomor tanda pengenal lainnya)

Dalam hal ini materai bisa digantikan dengan cap dari perusahaan apabila seperti contohnya berupa surat pernyataan dari suatu perusahaan instansi.

Contoh Surat Pernyataan

contoh surat pernyataan

Berikut ini beberapa contoh surat pernyataan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi ke depannya, simak dengan baik ya teman-teman.

1. Contoh Surat Pernyataan Diri

Surat Pernyataan Diri

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Budi Supriyadi

Tempat dan Tanggal Lahir: Bandung, 8 September 1994

Alamat: Jl. Karang Asem Barat No. 3, Solo

dengan ini menyatakan bahwa:

1. Sama sekali tidak pernah terlibat penggunaan narkotika atau zat adiktif lain.

2. Sama sekali tidak pernah terlibat dalam kegiatan untuk menggunakan, memasarkan, atau menyebarluaskan narkotika.

3. Tidak pernah diberhentikan atau dipecat dari status sebagai pegawai di instansi saya bekerja sebelumnya.

4. Tidak terlibat aktivitas partai politik baik sebagai anggota maupun pengurus.

Demikian surat pernyataan diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya sebagai persyaratan untuk mengikuti Tes Masuk Sekolah Pelayaran.

Saya bersedia menerima konsekuensi hukum apabila pernyataan diri ini di kemudian hari terdapat kesalahan.

 

Surakarta, 12 Oktober 2021

Budi Supriyadi

(tanda tangan di atas meterai)

2. Surat Pernyataan Perjanjian

Surat Perjanjian Pembayaran

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Putri Jamela

Pekerjaan : PNS

Alamat : Jalan Soekarno Hatta No.110 Malang

Sebagai PIHAK PERTAMA

Nama : Lina Andini

Pekerjaan : Pengusaha

Alamat : Jalan Senggani No 89 Malang

Sebagai PIHAK KEDUA

 

Bahwa PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA  yang selanjutnya disebut PARA PIHAK sepakat untuk mengikatkan diri dalam suatu kesepakatan dengan bentuk surat perjanjian pembayaran atas sebidang tanah yang terletak di daerah Jalan Borobudur No.20 Malang, secara ikhlas dan kekeluargaan tanpa paksaan dari pihak manapun untuk melaksanakan pembayaran secara damai.

Berdasarkan hal-hal tersebut PARA PIHAK selanjutnya setuju dan sepakat untuk membuat Surat Perjanjian Penyelesaian ini dengan syarat-syarat dan ketentuan yang telah ditentukan.

 

Malang, 11 September 2019

Pembuat Perjanjian,

Pihak Pertama                                                                                                                                                                             Pihak Kedua

 

Putri Jamela                                                                                                                                                                               Lina Andini

3. Surat Pernyataan Hutang Piutang

Surat Pernyataan Hutang Piutang

Pada hari ini 1 januari 2020, kami yang bertanda tangan di bawah ini memiliki perjanjian hutang piutang sebagai berikut.

 

Nama :Nabila Azzahra

Umur : 31 tahun

Pekerjaan : Wiraswasta

Nomor KTP : 378657340009

Alamat : Jalan Sudirman 12, Malang

Pihak Pertama

Nama : Entong Pratama

Umur :  35 tahun

Pekerjaan : PNS

Nomor KTP : 3987675666

Alamat : Jalan Bunga Cengkeh 25, Malang

Pihak Kedua

Yang mana kedua belah pihak memiliki kesepakatan untuk mengadakan hutang piutang. Maka dari itu melalui surat perjanjian ini dijadikan sebagai bukti.

Bukti tersebut menyatakan bahawa kedua belah pihak telah melakukan hutang piutang. Kemudian telah menyetujui beberapa ketentuan sebagai berikut:

  1. Pihak pertama memberi pinjaman berupa uang tunai dengan jumlah Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah).
  2. Dari pinjaman tersebut pihak kedua telah memberi jaminan berupa sertifikat tanah dari pihak kedua.
  3. Pihak kedua akan mengembalikan pinjaman tersebut tanpa disertai bunga, serta dengan jangka waktu selama 1 (satu) tahun.
  4. Apabila pihak kedua tidak membayar pinjaman sesuai jangka waktu yang telah ditentukan, maka jaminan tersebut akan dikuasai oleh pihak pertama.

Surat ini dibuat sebanyak dua rangkap dengan masing-masing sudah ditandatangani disertai dengan materai 6000. Demikian pembuatan surat perjanjian hutang piutang ini dibuat. Surat ini tidak ada unsur paksaan dari kedua belah pihak serta pihak lainnya,

 

Malang, 1 Januari 2020

Yang membuat perjanjian,

 

Pihak Pertama                                                                                                                                                                        Pihak Kedua

 

Nabila Azzahra                                                                                                                                                                     Entong Pratama

4. Surat Pernyataan Kepemilikan Harta

Surat kepemilikan Harta

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Ucok Situmorang

NPWP : 1245.234.6-009

NIK : 300987654711

Alamat : Jalan Bunga Rinte No.6 Aceh

Dengan ini MENYATAKAN dengan sesungguhnya / sebenarnya bahwa:

1. Harta dengan perincian sebagaimana terlampir dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari Surat Pernyataan ini merupakan milik dari:

Nama : Ucok Situmorang

NPWP : 1245.234.6-009

NIK : 300987654711

Alamat : Jalan Bunga Rinte No.6 Aceh

 

2. Bahwa saya menjamin sepenuhnya kebenaran atas Surat pernyataan Kepemilikan Harta dari segala akibat yang mungkin timbul di kemudian hari.

Demikian Surat pernyataan Kepemilikan Harta ini saya buat dengan sebenarnya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta tidak ada paksaan dari siapapun.

 

Aceh, 1 oktober 2020

 

(Tanda tangan + materai)

Ucok Situmorang

5. Surat Permohonan Maaf

Surat Pernyataan Maaf

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: Fajar Alifianto

NIM: 12351000111010

Jurusan: Sastra Arab, Universitas Unggul

Melalui surat pernyataan ini, saya menyatakan permohonan maaf atas kericuhan suporter yang terjadi selama kompetisi sepak bola antar fakultas pekan lalu.

Sebagai ketua pelaksana, saya gagal menjaga keamanan dan ketertiban selama acara berlangsung.

Untuk itu, saya memohon maaf sebesar-besarnya sekaligus bertanggung jawab atas kerusakan fasilitas yang merugikan pihak universitas.

Demikian surat pernyataan ini saya buat tanpa paksaan.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Medan, 15 April 2021

Fajar Alifianto

(tanda tangan dan meterai)

6. Contoh Surat Pernyataan Kerja

Surat pernyataan kerja dibuat untuk memberikan pernyataan bahwa dapat melakukan sebuah pekerjaan yang akan dilakukan dengan memberikan penjelasan mengenai kesanggupan terhadapan pekerjaan tersebut.

Contohnya pada surat pernyataan cpns, yang harus diberikan secara terlampir disaat melakukan lamaran cpns.

Surat Pernyataan Kerja

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama : Putra Wahyu Agung

Tempat, Tanggal lahir : Mojokerto, 5 November 1997

Jenis Kelamin : Laki-laki

Agama : Islam

Alamat : Jalan Raya SumberAgung 7, Mojokerto

Telepon : 08**********

Dengan ini menyatakan bahwa saya:

  1. Sedang tidak terkait kontrak atau kerja dengan perusahaan mana pun
  2. Berstatus belum kawin
  3. Tidak akan melakukan tindak pidana dalam bentuk apa pun
  4. Bersedia untuk tidak mengambil cuti saat masa penugasan
  5. Bersedia bertugas dalam masa yang ditentukan

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari siapapun.

Jika saya melanggar pernyataan ini, saya siap untuk dituntut melalui jalur hukum dan siap menanggung segala konsekuensi atas pelanggaran yang saya lakukan.

Jombang, 15 Maret 2021

Pembuat Pernyataan,

(tanda tangan + materai)

Sutisno

7. Contoh Surat Pernyataan Orang Tua

Surat Pernyataan Orang Tua Calon Peserta Didik Baru

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: ………
Tempat/tgl lahir: ………
Pekerjaan: ……….
Alamat: ………..
Nomor HP: ……….

Adalah orang tua/wali Calon Peserta Didik SMA/SMK Negeri Tahun 2020, atas nama:

Nama: ……….
Tempat/tgl Lahir: ………
Nomor NISN: …………
Asal Sekolah: ………..
Alamat: …………..

Demikian Surat Pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya sebagai persyaratan penerimaan peserta didik baru SMA Negeri Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2021/2022.

Apabila terbukti memalsukan dokumen, saya bersedia diproses sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

 

……….., ………. 2021
Orang Tua/Wali Murid
TTD
Meterai
Rp10.000
…………………

Demikian beberapa penjelasan mengenai contoh surat pernyataan. Jangan lupa untuk ikuti terus informasi terupdate di website haidarmusyaffa.com

Semoga contoh surat pernyataan di atas bisa menjadi informasi tambahan buat kamu, supaya lebih mengerti bagaimana cara membuat contoh surat pernyataan yang baik dan benar. Sampai jumpa di artikel berikutnya

 

Contoh Surat Perkenalan

haidar
15 min read

Contoh Surat Izin

haidar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.