Contoh Surat Pribadi

9 min read

Contoh Surat Pribadi- Surat pribadi adalah surat yang berfungsi untuk memberikan kabar kepada keluarga, sahabat, teman ataupun orang terdekat.

Cara membuat surat pribadi pun sangat mudah karena tidak terfokus pada aturan-aturan resmi yang formal.

Jadi kamu bisa membuat surat pribadi dengan semenarik mungkin. Supaya memudahkan kamu dalam membuat surat pribadi, kamu bisa simak beberapa contoh surat pribadi berikut ini!

Pengertian Surat Pribadi

haidarmusyaffa.com

Surat pribadi merupakan tulisan atau surat yang di buat oleh orang tertentu kepada seseorang. Tujuan di buatnya surat pribadi yaitu untuk memberikan informasi atau kabar kepada orang lain.

Penulisan surat pribadi ini tidak memiliki batas. Kamu bisa menulis dengan jumlah halaman sesukanya. Namun, untuk jenis surat ini kamu perlu menuliskan beberapa hal wajib di dalamnya.

Mulai dari alamat yang ingin dituju, tanggal, kata panggilan, pembukaan, isi dan penutup. Kemudian bagian akhirnya diberikan nama pengirim sekaligus tanda tangannya.

Surat pribadi tidak memiliki aturan yang baku sebagaimana contoh surat yang resmi pada umumnya. Walaupun begitu, saat menulis surat pribadi, kamu harus menggunakan bahasa yang sopan dan mudah untuk dipahami oleh pembaca.

Selain itu, bahasanya juga harus komunikatif. Dan yang tidak kalah bermanfaat untuk diketahui dari surat pribadi yaitu jenis suratnya yang bersifat rahasia atau privasi sehingga hanya boleh diketahui oleh dua orang saja, tidak lebih.

Ciri-ciri Surat Pribadi

haidarmusyaffa.com

Untuk bisa memahami surat pribadi selain mengetahui tentang pengertiannya, penting juga untuk mengetahui ciri-ciri dari surat pribadi itu sendiri.

Pada umumnya surat pribadi memiliki ciri-ciri yang penting untuk kamu ketahui. Berikut penjelasan mengenai ciri-ciri surat pribadi.

1. Kata Sapaan

Surat pribadi selalu mengandung berbagai bentuk kata sapaan. Kata sapaan di dalam surat pribadi biasanya bersifat privasi atau rahasia. Dan, kalimat atau kata sapaan bisa ditemukan di bagian atas surat.

2. Tidak Menggunakan Bahasa atau Kalimat yang Formal

Ciri-ciri surat pribadi yang kedua adalah kalimat atau bahasa yang digunakan untuk menuliskan surat tidak harus resmi ataupun formal. Bahkan banyak yang sekali orang yang memilih untuk menggunakan bahasa sehari-hari.

Namun, meski demikian, surat pribadi harus tetap menggunakan bahasa yang beradab, sopan, lembut dan mudah untuk difahami oleh pembaca.

Ketika ingin membuat surat pembuka, salam pembuka, isi, hingga bagian penutup sebaiknya menggunakan bahasa yang tidak formal atau menghindari bahasa yang terlalu resmi karena surat tersebut di buat untuk keluarga atau teman bukan untuk atasan.

3. Menggunakan Kata Ganti Orang Kedua

Kebanyakan, orang yang menulis surat pribadi akan memakai kata ganti orang kedua, sama seperti penerima surat yang sebaiknya menggunakan kata ganti orang kedua.

4. Memiliki Format yang Bebas atau Tidak Terikat

Ciri-ciri berikutnya adalah surat pribadi memiliki format yang bebas alias tidak terikat. Semua isi tulisan tergantung dari keinginan dan minat orang yang menulisnya.

5. Tidak Memiki Kop atau Nomor Surat

Bagian surat pribadi tidak memiliki kop atau nomor surat sebagaimana surat resmi yang biasa kita temui.

Tujuan Surat Pribadi

haidarmusyaffa.com

Surat pribadi dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi atau kabar dari seseorang kepada orang lain, baik keduanya memiliki hubungan sebagai keluarga, kekasih, sahabat, teman dan lain sebagainya.

Tujuan pembuatan surat tersebut karena si penulis dan si penerima tidak sedang berada di tempat yang sama dan membutuhkan komunikasi khusus karena lama tidak bertemu.

Selain itu, Tujuan lain dari surat pribadi adalah untuk menunjukkan ekspresi perasaan dari penulis surat kepada si penerima.

Perasaan yang di maksud disini adalah perasaan dalam berbagai kondisi, baik itu senang, bangga, sedih dan lain sebagainya. Biasanya yang membuat surat pribadi dengan tujuan semacam ini adalah kalangan perempuan.

Kamu bisa melihat sendiri bagaimana jika dua orang perempuan yang lama tidak bertemu kemudian bertemu, tentu perasaannya akan campur aduk.

Meskipun dua orang perempuan tersebut sudah bertemu, tetap saja ada hal-hal yang menarik untuk mereka bicarakan.

Normal jika seorang perempuan akan menuliskan surat pribadi untuk mengekspresikan perasaannya.

Bagian-bagian Surat Pribadi

contoh surat

1. Alamat dan Tanggal

Ketika Menulis Surat pribadi, kamu juga perlu menuliskan alamat serta tanggal. Alamat yang dituliskan adalah alamat orang yang menerima surat dan tuliskan juga nama orang yang akan menerima surat.

Selain itu, kamu juga harus menulis tanggal surat itu ditulis.

2. Salam Pembuka

Setiap menulis sebuah surat pasti di awali dengan salam pembuka, sama halnya dengan surat pribadi. Salam pembuka merupakan bentuk dari sopan santun dalam menulis surat.

Kalau bisa cantumkan kata sapaan seperti:

  • Assalamualaikum
  • Salam manis
  • Halo sahabatku
  • Teman ku yang baik
  • Halo Ganteng
  • Halo cantik
  • Dll.

3. Paragraf Pembuka

Surat pribadi ini masih sama dengan surat resmi atau surat lain pada umumnya, karena sama-sama menggunakan paragraf pembuka.

Melalui paragraf pembuka ini kamu bisa basa basi terlebih dahulu. Kamu bisa memulai dari menanyakan kabar, kondisi kesehatan, dan lain sebagainya.

4. Paragraf Isi

Paragraf isi merupakan bagian paling penting dalam menulis sebuah surat, baik itu surat resmi ataupun surat pribadi. Pada bagian ini kamu bisa menyampaikan semua pesan yang ingin kamu kirimkan.

Dalam surat pribadi ini kamu bisa membahas semua hal yang bersifat pribadi. Tapi kamu juga tetap harus menulis secara jelas agar mudah untuk dimengerti.

Hal ini bertujuan supaya pesan bisa tersampaikan dengan baik dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

5. Paragraf Penutup

Setelah selesai menulis isi surat, kamu juga perlu menuliskan kalimat penutup. Pada kalimat penutup ini kamu bisa mengakhiri surat dengan permohonan maaf, harapan, dan lain sebagainya.

Contoh Surat Pribadi

contoh surat pribadi

Tanpa adanya contoh mungkin kamu akan kebingungan dengan penjelasan tentang surat pribadi di atas. Oleh karena itu, bagian selanjutnya kami akan mengulas beberapa contoh surat pribadi beserta cara membuatnya.

Dengan contoh berikut ini, setidaknya akan bisa memahami dan bisa mempraktikannya dengan baik. Simak baik-baik ya teman-teman.

1. Contoh Surat Pribadi untuk Keluarga

contoh surat pribadi untuk keluarga

Contoh Surat Pribadi untuk Keluarga

Yang tersayang, keluargaku

Di tempat

Assalamu’alaikum wr. wb.

Ayah, ibu dan kakak adikku semua, bagaimana kabar kalian? Aku harap kalian selalu berada di dalam lindungan Allah SWT.

Ku harap semuanya saja dalam kondisi sehat walafiat. Ayah dan Ibu tidak kecapean kan? Jangan terlalu memforsir tenaga ya biar tetap sehat.

Sebenarnya, tujuanku menulis surat ini karena ingin berbagi kabar gembira kepada kalian semua. Dan aku rasa tidak akan lengkap jika ayah, ibu dan keluarga semua tidak mendengar kabar gembira ini.

Ayah, ibu dan semua yang ada di rumah, alhamdullillah, kini skripsiku sudah selesai. Sebentar lagi akan mengikuti sidang akhir jika tidak ada kendala.

Artinya, beberapa bulan ke depan aku akan diwisuda. Aku sudah nggak sabar untuk bisa bertemu dan bersama-sama dengan kalian semua seperti dulu, terutama dengan ibu.

Mohon doanya supaya aku bisa lulus dengan predikat yang baik dan kita bisa berkumpul bersama.

Sekian surat dariku,

Anakmu tercinta

 

Nabila 

2. Contoh Surat Pribadi untuk Ibu

surat pribadi untuk ibu

Contoh Surat Pribadi untuk Ibu

Teruntuk Istri ayahku yang tercinta

Di tempat

Hai bu? Apa kabarnya di sana? Yanti harap ibu selalu sehat walafiat. Bu, Yanti kangen banget sama ibu. Sudah 5 bulan Yanti berada di kampung orang. Doain Yanti supaya lancar studinya ya bu dan bisa cepat kembali ke Padang.

Oh ya, Yanti mau memberi kabar gembira, yaitu Yanti sudah mendapatkan kelas dan aktif kuliah. Ibu tidak perlu khawatir lagi dengan kesehatan Yanti.

Sekian dulu ya bu surat dari Yanti. Semoga keluarga semua sehat di sana, khususnya ibu. Salam kangen untuk semuanya.

Anakmu,

Yanti

3. Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

haidarmusyaffa.com

Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Medan, 11 April 2018

Teruntuk Kak Vania

Di Malang

Asslamu’alaikum

Hai kak, bagaimana kabarnya disana? Semoga kakak tidak ada kekurangan suatu apapun dan di sini kabarku juga baik-baik saja seperti yang kakak harapkan.

Oh ya kak, sudah hampir 3 tahun kita tidak pernah ketemu dan di sini aku sangat merindukanmu. Aku tahu kakak sedang sangat sibuk bekerja dan aku juga disibukkan oleh kegiatan kuliah dan sibuk mengerjakan tugas.

Kak, semester ini aku sedang ngerjain skripsi. Doain ya supaya cepat selesai dan cepat lulusnya. Supaya nanti bisa dengan segera mengunjungi kakak di Malang.

Ayah ibu nitip salam buat kakak. Salam rindu dan semoga selalu sehat ya di sana. Jangan lupa memberi kabar apapun jika terjadi masalah.

Kakek dan nenek juga bilang sangat rindu dengan cucunya di Malang. Oh ya, nanti kalau aku main ke Malang ajak aku main-main ya, ke Bromo. Sudah dulu ya kak. Sampai ketemu di masa liburan nanti.

Wassalamu’alaikum

Salam kangen

Adikmu

Khansa

4. Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat

women on top

Surat Pribadi untuk Sahabat

Jakarta, 15 Mei 2018

Teruntuk Sahabat baikku,

Di Palembang

Assalamu’alaikum

Hai vin, syukur Alhamdulillah aku dalam keadaan sehat walafiat tanpa halangan apapun. Aku sangat bersyukur kepada Allah karena kabarmu disana juga baik-baik saja.

Kita sudah lama ya nggak ketemu. Aku benar-benar sudah tak sabar ni, pengen kembali bertemu denganmu untuk sekedar bercerita tentang pengalaman-pengalaman masing-masing.

Pasti sekarang kamu tambah cantik dan dewasa. Oh ya, tentang kehidupanku yang sekarang, aku betah sekali tinggal di tempat ini walaupun awalnya agak susah untuk beradaptasi.

Maklumlah karena hiruk pikuknya Jakarta yang sangat sesak dan kurang ramah.

Aku sangat meridukanmu vin. Rindu dengan semua kehidupan dan kebiasaan dulu ketika di desa. Juga sangat rindu dengan teman-teman semua yang ada di sana.

Saking kangennya, aku jadi bermimpi bahwa semalam kita bermain bersama. Oh iya, kebetulan aku ada kabar yang baik untukmu.

Kini aku sudah keterima di Universitas Indonesia di jurusan Kajian Perempuan. Aku berhasil bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pendaftar yang lain, loh.

Aku belajar dengan sangat giat untuk itu dan karena itu aku berhasil keterima di Universitas yang dulu kau bilang sangat bagus ini.

Vin, kamu juga harus belajar dengan sangat giat agar hidupmu diberi kemudahan. Jangan lupa pula untuk berdoa supaya cita-citamu terkabulkan.

Dan yakinlah aku senantiasa mendoakanmu dari sini. Aku akan tunggu kamu di sini. Dan kamu harustetap semangat ya.

Aku kira cukup sampai di sini dulu kabar dan harapan dariku. Semua keluargamu titip salam kepadamu. Semoga suskes selalu dan dalam lindungan Allah.

Wassalamu’alaikum

Sahabat baikmu

Ttd

Amel

5. Contoh Surat Pribadi untuk Guru

surat pribadi utnuk guru

Surat Pribadi untuk Guru

Surakarta, 11 Mei 2019

Salam Hormat,

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Halo bagaimana kabar bapak disana? Apakah bapak masih ingat dengan saya? Saya yakin bapak pasti tidak lupa dengan saya, murid kesayangan bapak di masa sekolah dulu.

Saya sejak dulu terkenal sebagai murid bapak yang sama sekali tidak paham dengan yang namanya pelajaran matematika. Karena itu, saya sering meminta tambahan waktu untuk belajar private kepada bapak sepulang sekolah.

Apakah bapak masih ingat dengan janji saya? Dulu saya pernah memiliki janji kalau di kemudian hari nanti saya bisa seperti bapak.

Sekedar memberikan kabar bahwa janji itu sekarang sudah saya buktikan pak. Saat ini, Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk menjadi guru SMP di Surakarta.

Semua yang saya miliki sekarang ini tidak lepas dari bantuan dan juga doa dari bapak. Karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak untuk semua yang telah bapak berikan kepada saya.

Di masa liburan nanti, saya berencana untuk menemui bapak di Pontianak. Apakah bapak masih tinggal di rumah yang dulu? Cukup sekian surat dari saya bapak. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Saya sangat menunggu balasan dari bapak. Terima kasih bapak.

Salam dari muridmu tercinta,

Putra Pratama

6. Contoh Surat Pribadi untuk Teman Pesantren

contoh surat pribadi

Surat Pribadi untuk Teman Pondok Pesantren

Assalamu’laikum wr wb

Rasa kesyukuran aku sampaikan kehadirat Allah.SWT Yang Maha Pengasih Penyayang.

Shalawat dan salam mudah-mudahan selalu tercurahkan kepada Muhammad SAW, para sahabat dan para pengikutnya serta pembawa risalahnya.

Suasana pondok pesantren memang sangat menyejukkan dan penuh kedamaian.

Enam tahun kita lalui di kawah candra dimuka.

Sejak lulus sekolah dasar (SD) hingga lulus sekolah menengah atas (SMA).

Berebut makanan, berebut alat kerja bakti, dan berebut mematikan lampu kamar tidur ketika menjelang tidur di peraduan.

Peristiwa itu sekarang menjadi kenangan indah yang tidak bisa dilupakan begitu saja.

Bagaimana dengan kamu?

Masih mengingatnya?

Atau sudah memperoleh yang lebih baik dari itu?

Apapun yang terjadi, kebanyakan kita akan terus mengingat peristiwa-peristiwa yang berkesan dalam perjalanan kehidupan kita.

Dan setiap orang mempunyai cara penyikapan yang berbeda-beda. It’s OK. Tak masalah.

Demikian yang dapat aku sampaikan kepada kamu melalui surat sederhana ini.

Semoga Tuhan Yang Maha Penjaga selalu memberikan penjagaan-Nya untuk kita semua. Aamiin.

Sidoarjo, 18 Januari 2022

Dari teman Pondok Pesantren.

Sukomulyo

7. Contoh Surat Pribadi untuk Teman Kerja

haidarmusyaffa.com

Surat Pribadi untuk Teman Kerja

Salam kerja, kerja, dan kerja..

Bagaimana kabar pekerjaan hari ini?

Semoga semuanya berjalan lancar, sukses, dan sesuai dengan yang diharapkan.

Pekerjaan adalah salah satu sarana untuk mencari nafkah keluarga dan sarana untuk mengekspresikan diri.

Coba tanpa bekerja alias nganggur?

Tidak enak kan?

So, mumpung kita masih diberi pekerjaan, tugas, dan amanah sebisa-bisanya untuk selalu disyukuri dan dinikmati.

Sehingga pekerjaan itu menjadi jalan meraih kebahagiaan hidup di dunia sekaligus sebagai jalan untuk meraih pahala untuk bekal kehidupan setelah dunia.

Di bagian apapun posisi kita, dan dimanapun kita ditugaskan, selalu saja ada enak dan tidaknya.

Ada nyaman dan tidak nyamannya. Itulah dunia pekerjaan.

Dulu ketika aku bareng dengan kamu bro di satu kantor, selalu ada kan enak dan tidak enaknya?

Dimarahi atasan, dikomplain customer, dan saling ngomongin teman kerja lainnya.

Demikian juga ketika aku berada di tempat baru dan posisi baru, hal seperti itu pun tidak hilang, namun tetap ada.

Masih ada teman-teman kantor yang suka ‘berbisik-bisik’ ngobrolin teman lain.

Sang atasan pun masih juga marah-marah yang terkadang tak ada penyebabnya.

So nikmati dan bijak aja dalam menyikapinya.

Parah-parahnya bersikap ‘emang gue pikirin’ 🙂

Bagaimana dengan kondisi teman-teman kerja di kantor sana, masihkah seperti dulu?

Semoga saja semakin baik dan semakin nyaman suasananya sehingga performance kerja pun semakin meningkat.

Akhirnya, semoga Gusti Allah selalu memberikan kasih sayang-nya untuk kita. Aamiin.

Bojonegoro, 29 Oktober 2021

Teman kerjamu,

Ilham Darmono

8. Contoh Surat Pribadi untuk Adik Tercinta

contoh surat pribadi

Surat Pribadi untuk Adik Tercinta

Lombok, 13 April 2018

Teruntuk Adikku tercinta, Zaenab

Di Yogyakarta

Assalamualaikum Wr. Wb

Hallo Zaenab, gimana kabarmu dek? sehat-sehat saja kan?. Kakak disini juga Alhamdulillah sehat dan baik-baik saja. Gimana kabar mama, papa, dan kak Isma? Aku harap mama, papa, dan kak Isma pun baik-baik saja.

Dek, kakak kangen banget sebenernya sama kamu. Banyak hal yang ingin kakak ceritakan sama kamu, sama mama, sama papa, juga sama kak Izmi.

Pokoknya, kakak kangen banget deh sama kalian semua. Hidup sendirian disini sepi tanpa candaan dan tawamu dek. Apalagi ya kakak tuh kangen banget ngejailin kamu. Hehe

Oh iya, gimana ujian semester kamu? Lancar kan?. Kakak harap nilai matematikamu nggak dapat warna merah lagi ya.

Dan, semoga di ujian kenaikan kelas kali ini kamu berhasil meraih juara sepuluh besar. Aamiin.

Dek, kakak punya kabar gembira nih buat kamu, mama, papa, dan kak Ismi. Alhamdulillah, kemarin kakak berhasil naik jabatan.

Pastinya ini tak lepas dari doa mama dan papa ya. Dan sebagai rasa syukurnya, kakak ada hadiah buat kalian semua. Hadiahnya sudah kakak berikan bersamaan dengan datangnya surat ini ya.

Semoga kamu, mama, papa, dan kak Ismi suka ya. Memang nggak mahal sih, tapi mungkin bisa lebih berguna buat kalian semua. Doakan kakak disini kerjaannya lancar ya dek.

Oh iya, satu lagi kabar gembiranya. Kemungkinan liburan panjang minggu depan kakak akan pulang ke Jogja.

Sesuai dengan biasanya, kakak akan membawakan kamu oleh-oleh pie susu yang sangat kamu suka. Tunggu kedatangan kakak ya.

Mungkin cukup sekian aja dulu ya dek. Pesan dari kakak jangan lupa belajar dan nurut ya sama mama, papa, dan kak Izmi. Terus jangan bandel dan nakal lagi. Kakak sayang banget sama kamu. Love you.

 

Dari Kakak Tercantik

Melani

9. Contoh Surat Terima Kasih untuk Guru Singkat

haidarmusyaffa.com

Surat Pribadi Terima Kasih untuk Guru Singkat

Salam hormat

Lima belas tahun sudah kami lulus sekolah dasar. Enam tahun kami lalui sekolah dasar dengan penuh suka cita.

Terlalu banyak kenangan manis yang terasa sulit kami hilangkan dari ingatan dan pikiran.

Teringat saat pelajaran olahraga di lapangan sepak bola di waktu hujan, saat diberi nasehat yang belum mengerti apa itu nasehat.

Guru-guruku, engkau adalah para pahlawan tanpa tanda jasa original bukan kelas KW 🙂

Dengan tanpa kenal lelah membimbing kami.

Masih sangat jelas tergambar dalam ingatanku, bagaimana engkau mengajari matematika hingga kami mengerti serta paham.

Bagaimana engkau membimbing kami cara bercuci tangan yang baik dan benar.

Dan sekarang pengetahuan itu benar-benar berguna di kala musim pandemi Coronavirus.

Dan melalui secarik kertas yang tak berguna ini, aku mengucapkan rasa terim kasih yang sebesar-besarnya atas semua kebaikan yang kami terima.

Kami tidak bisa membalas dengan apapun.

Semua kebaikan yang telah engkau berikan tidak akan tergantikan dengan apapun.

Tak akan bisa diganti dengan materi, harta, kekayaaan, dan kebaikan kami.

Hanya doa yang dapat kami panjatkan kehadlirat Tuhan Yang Maha Pengasih Penyayang, mudah-mudahan memberikan balasan kebaikan di atas kebaikan kepada guru-guru kami dan keluarganya. Aamiin.

Malang, 28 Februari 2020

Perwakilan alumni SD Kelas V

Mimin Suparmin

Mungkin cukup sekian penjelasan mengenai contoh surat pribadi. Jangan lupa untuk ikuti terus informasi terupdate di website haidarmusyaffa.com

Semoga contoh surat pribadi di atas bisa menjadi referensi tambahan untuk kamu, agar kamu lebih mengerti bagaimana cara membuat contoh surat pribadi yang baik dan benar. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Contoh Surat Perkenalan

haidar
15 min read

Contoh Surat Izin

haidar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.