Contoh Teks Diskusi

5 min read

Contoh Teks Diskusi- Di dalam teks diskusi membahas tentang suatu permasalahan yang berisi dua argumen yaitu argumen pendukung (pro) dan argumen penentang (kontra).

Hal apa saja yang sifatnya aktual bisa di jadikan sebagai bahan untuk berdiskusi. Dalam hal tersebut, berdiskusi bisa di kerjakan lewat dua kegiatan yaitu dengan cara kegiatan langsung dan tidak langsung.

Pengertian Teks Diskusi

haidarmsusyaffa.com

Teks diskusi adalah tulisan yang mengulas sebuah masalah (isu) dengan di sertai argumen atau pendapat baik yang mendukung maupun yang menentang isu tersebut serta di akhiri dengan simpulan atau rekomendasi penulis.

Pengertian lain teks diskusi adalah menyajikan berbagai pendapat serta sudut pandang yang berbeda kepada suatu masalah yang tengah di bahas.

Dengan cara berdiskusi kita dapat memperluas pengetahuan dan mendapat banyak pengalaman.

Tujuan Teks Diskusi

haidarmusyaffa.com

Tujuan diskusi adalah mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan atau pendapat. Diskusi yang melibatkan beberapa orang disebut diskusi kelompok.

Dalam diskusi kelompok membutuhkan seorang bisa memimpin yang di sebut sebagai ketua diskusi.

Tugas ketua diskusi adalah untuk membuka dan menutup diskusi, menengahi anggota yang berdebat, membangkitkan minat anggota untuk menyampaikan gagasan, serta menyimpulkan hasil diskusi.

Fungsi Teks Diskusi

kaidah kebahasaan teks editorial

Fungsi sosial dari teks diskusi yaitu bisa kita manfaatkan sebagai alat melihat suatu permasalahan dari berbagai perspektif, sebelum pada akhirnya membuat rekomendasi atau keputusan.

Ciri-ciri Teks Diskusi

Adapun ciri-ciri teks diskusi sebagai berikut ini, simak dengan baik ya teman-teman!

  1. Struktur teks terdiri dari Isu, argumen menentang serta argumen pendukung, dan kemudian diakhiri dengan rekomendasi atau simpulan.
  2. Menggunakan konjungsi yang memberikan kontras, contohnya: Namun, namun demikian, tetapi, pada pihak lain, sebaliknya, dan lainnya untuk mempertentangkan kedua pendapat yang berlawanan.
  3. Mengandung kata verba relasional, material, serta mental secara proposional.
  4. Menggunakan modalitas guna membangun opini maupun rekomendasi.

Struktur Teks Diskusi

haidarmusyaffa.com

Secara umum teks diskusi memiliki struktur yang terdiri dari tiga aspek yang membentuknya yaitu: pendahuluan, isi dna kesimpulan.

Tetapi, di dalam praktiknya, isi dari teks diskusi hanya terdiri dari dua gagasan utama yang berbeda yaitu, pro dan kontra.

Teks diskusi bersifat eksposisi yang artinya memerlukan bukti atau alasan pendukung untuk setiap gagasannya. Oleh karena itu, teks diskusi memiliki 3 struktur seperti dibawah ini:

1. Isu

Isu berisi tentang masalah yang akan didiskusikan atau dibahas lebih lanjut.

2. Argumen

Argumen di bagi menjadi 2 bagian yaitu argumen mendukung dan argumen menentang.

a. Argumen Mendukung

Pada bagian pendapat yang mendukung ini kita dituntut untuk menjabarkan lebih lanjut penjelasan tentang masalah yang sedang kita bahas.

b. Argumen Menentang

Argumen yang menentang berisi mengenai pertentangan terhadap masalah yang sedang di bahas beserta dengan alasan-alasan yang mendukung.

3. Kesimpulan

Pada bagian terakhir ini berisi tentang kesimpulan serta rekomendasi terkait dengan isu yang sedang di bahas. Usahakan untuk mengambil jalan tengah dari isu yang sedang di bahas.

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

haidarmusyaffa.com

Berikut ini terdapat beberapa unsur kebahasaan dari teks diskusi,yang terdiri dari!

1. Menggunakan Konjungsi Perlawanan

Konjungsi adalah partikel yang digunakan untuk menghubungkan kata dengan klausa, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat.

Sedangkan pengertian konjungsi perlawanan merupakan hubung di gunakan untuk menyatakan makna perlawanan atau saling berlawanan.

Konjungsi perlawanan menggunakan kata hubung antara lain tetapi, namun, sedangkan, dan sebaliknya.

2. Modelitas

Modalitas adalah keterangan dalam kalimat yang menyatakan sikap pembicara terhadap hal yang sedang dibicarakan, yakni mengenai perbuatan, keadaan, peristiwa atau sikap terhadap lawan bicaranya.

3. Kohesi Gramatikal

Kohesi gramatikal hubungan kohesor yang dicapai dengan penggunaan elemen dan aturan gramatikal meliputi resonansi, subtitusi dan elipsis.

4. Kohesi Leksikal

Kohesi leksikal merupakan efek kohesif yang di capai melalui pemilihan kosa kata kohesi teksikal dapat berbentuk pengulangan, sinonim, antonym, dan hiponim.

Contoh Teks Diskusi

contoh teks diskusi

Beikut ini terdapat beberapa contoh teks diskusi yang terdiri atas:

1. Contoh Teks Diskusi Tentang Narkoba

haidarmusyaffa.com

Isu

Bahaya buruk narkoba tentunya sudah banyak di ketahui masyarakat. Tetapi sampai kini masih ditemukan penyalah gunaan narkoba.

Narkoba adalah narkotika dan obat-obatan berbahaya, merupakan zat adiktif atau psikotropika yang dapat memberi efek candu/ketagihan pada orang yang mengkonsumsinya serta dapat menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh bila di gunakan terus-menerus dalam dosis yang sangat banyak.

Argumen Mendukung

Contoh bahaya menggunakan narkoba:

  1. Kerusakan otak
  2. Gangguan pada paru-paru
  3. Mengganggu kinerja jantung
  4. Gangguan fungsi reproduksi
  5. Gangguan pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah meningakat
  6. Turunnya nafsu makan hingga akhirnya mengurangi berat badan
  7. AIDS
  8. Sering mual dan muntah-muntah.

Argumen Menentang

Tetapi narkoba tidak sepenuhnya buruk jika di gunakan dengan baik dan benar. Zat-zat jenis psikotropika ini sebenarnya masih digunakan dalam dunia kedokteran.

Misalnya untuk melakukan bius kepada pasien maupun yang ada dalam suatu obat khusus. Tetapi dengan dosis yang sangat kecil sehingga tidak menimbulkan efek yang berbahaya.

Kesimpulan

Ketika kita sudah mengetahui bahaya-bahaya yang disebabkan oleh narkoba, bijak nya kita menghindari penyalah gunaan narkoba dan kita perlu lebih berhati-hati karena pergaulan zaman sekarang yang makin bebas.

2. Contoh Teks Diskusi Tentang Sampah

contoh teks diskusi tentang sampah

Isu

Sampah menjadi satu hal yang dianggap sangat meresahkan sebab memberikan dampak yang buruk pada lingkungan.

Sampah yang menumpuk dapat menyebabkan berbagai penyakit bahkan dapat menyebabkan parit sumbat hingga dapat menyebabkan banjir.

Cara menanggulangi sampah dianggap menjadi permasalahan yang penting di beberapa daerah. Sebenarnya pemecahan masalah mengenai sampah ini sudah menjadi perdebatan sejak dulu.

Argumen Mendukung

Sebagian orang beranggapan bahwa sampah menjadi sesuatu yang tidak di butuhkan lagi, maka dari itu sampah harusnya di musnahkan dengan cara di bakar.

Namun bagi mereka yang mencintai alam, cara tersebut dianggap bukan sebagai solusi melainkan menjadi sebuah bencana baru.

Sampah yang dibakar akan menghasilkan polusi udara berupa bau yang tidak sedap bahkan asap pembakaran yang dihasilkan dari pembakaran itu dapat menipiskan lapisan ozon.

Argumen Menentang

Orang yang mencintai lingkungan mereka tentunya lebih memilih penyelesaian berupa dekomposting & daur ulang sampah.

Contohnya seperti sampah organik misalnya daun kering, batang pohon dan sebagainya bisa di jadikan sebagai pupuk kompos melalui proses dekomposting.

Sedangkan sampah non-organik yang memang tidak bisa mengalami pembusukan bisa di lakukan dengan cara daur ulang.

Kesimpulan

Pada dasarnya sampah di manfaatkan kembali. Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan merupakan cara paling tepat untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang ada.

3. Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

contoh teks diskusi tentang pendidikan

Isu

Sektor pendidikan di Indonesia selalu menjadi topik yang paling menarik untuk dibahas. Semua tahu bahwa wilayah Indonesia terbagi-bagi menjadi banyak pulau.

Hal ini tentu saja dapat berpengaruh pada tingkat SDM masing-masing penduduknya. Ada yang menganggap bahwa pendidikan di Indonesia sudah sangat baik, namun ada juga yang berkata bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat buruk.

Argumen Mendukung

Bagi mereka yang pro, hal ini memang sudah bisa di buktikan. Lihat saja Jakarta dan sekitarnya, sudah banyak sekolah-sekolah yang bermutu tinggi, mulai dari tingkat PAUD hingga Universitas.

Disana juga banyak orang-orang cerdas dan berprestasi. Benar, semua kondisi ini memang nyata adanya. Sekali lagi, itu baru di Jakarta dan sekitarnya.

Argumen Menantang

Sebagian orang justru berpendapat sebaliknya. Pendidikan di Indonesia masih jauh dari kata layak. Dari sudut pandang mereka, masih banyak anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan sebagaimana mestinya.

Mereka adalah anak-anak dari keluarga miskin, jangankan untuk sekolah, untuk makan sehari-hari saja mereka kesulitan.

Kesimpulan

Kenyataan pahit ini masih bisa di temukan secara merata di wilayah Indonesia. Hal ini menjadi bukti bahwa pendidikan di Indonesia masih belum merata.

Kualitas terbaiknya hanya ada di kota besar saja, namun bagi mereka yang “dibawah”, rasanya masih harus diberi jempol terbalik.

Pemerintah harus lebih serius menangani hal ini agar kualitas pendidikan bisa dirasakan secara merata di seluruh penjuru Indonesia.

4. Contoh Teks Diskusi Tentang Olahraga

contoh teks diskusi tentang olahraga

Isu

Berlari atau jogging secara rutin dan konsisten merupakan wujud olahraga/latihan yang paling banyak digemari saat ini. Seperti setiap wujud olahraga lainnya, jogging juga menjanjikan keunggulan dan resikonya sendiri.

Argumen Mendukung

Lari atau jogging adalah salah satu wujud olahraga yang sangat sederhana untuk dilakukan secara konsisten dan rutin.

Tidak memerlukan banyak perlengkapan/peralatan. Selama kamu punya sepasang kaki dan sepatu, kamu bisa berlari/jogging.

Di samping itu, tidak seperti olahraga lain yang memerlukan lapangan/tempat khusus, jogging bisa dilakukan dimana saja, walaupun memang ada tempat khusus untuk itu (taman jogging).

Dengan begitu, akan semakin mudah bagi kamu untuk menekuni wujud olahraga ini.

Argumen Menentang

Banyak orang yang menekuni lari/jogging untuk melangsingkan badan da untuk menurunkan berat badan. Padahal, ini bukanlah wujud olahraga yang efektif dalam mencapai tujuan ini.

Memang terasa refreshing dan menyegarkan, tapi bila tujuan kamu untuk melangsingkan badan, lari/jogging bukanlah pilihan yang tepat.

Jogging secara konsisten dan rutin memang akan menurunkan berat badan kamu di permulaan. Namun, hal ini dibarengi penyusutan massa otot, yang justru memicu penimbunan lemak dan kenaikan berat badan.

Kesimpulan

Lari dan jogging merupakan salah satu olahraga yang mudah untuk di lakukan. Namun, olahraga tersebut jika di lakukan terlalu sering maka akan mengganggu kesehatan kamu.

Untuk itu olahraga lari atau jogging dilakukan seminggu 2-3 kali saja. Jangan melakukan jogging atau lari setiap hari, karena akan mempengaruhi kesehatan.

Demikian beberapa penjelasan mengenai contoh teks diskusi. Jangan lupa untuk ikuti terus informasi terupdate di website haidarmusyaffa.com.

Semoga contoh laporan teks diskusi di atas bisa menjadi informasi tambahan buat kamu, supaya lebih mengerti bagaimana bentuk teks diskusi itu. Salam dari Binjai 🙂

Contoh Teks Laporan Percobaan

haidar
5 min read

Contoh Laporan Keuangan

haidar
3 min read

Contoh Laporan Laba Rugi

haidar
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.